Senin, 17 September 2018

Explorer pulau tidung kepulauan seribu

Hai hai hai......
ini tulisan kedua saya setelah backpacker bali.
Kali ini saya akan membahas explorer kami ke salah satu pulau di kepukauan seribu, yaitu pulau tidung.
Yahhh perjalanan ini tidak saya katakan sebagai backpacker karena kita ikut paketan. Heheheh
Saya akan uraikan perjalanan kami beserta budget nya. Ceck it

Kami berdua, berangkat dari semarang. Dimulai dari stsiun tawang, kamu berangkat menuju stasiun kota jakarta (beyos) dengan tiket 180rb. Kereta berangkat sekitar pukul 11 malam. Sebenernya kalau temen-temen bisa mendapatkanharga yg lebih murah jika keberangkatannya lebih terencana. Karena saya dadakan dan semua tiket kereta api kelas ekonomi sudah ludes, terpaksa deh kami ambil tiket kelas bisnis. Okee, kita sudah sampai di beyos sekitar pukul 3 pagi. Kita istirahat sejenak di stasiun beyos, karena masih terlalu gelap dan suasana sepi. Jam setengah 5 kita keluar dari stasiun, kami bermaksud mencari bajaj untuk mengantar kami ke muara angke. Dan kita dapat bajaj, ini kali pertama kami naik bajaj. Abang bajaj nya baik banget, setelah kita nego harga kita dapat harga 40rb untuk sampai ke muara angke. Ternyata perjalanan ke muara angke lumayan jauh dan macet. Sedangkan kita harus sampai muara angke jam setengah 7. Kita hampir sampai, tapi bajaj yang kita timpangi tidak kuat untuk menanjak entah itu di jalan apa. Temen saya terpaksa turun dan mendorong bajaj sampai ke atas. Lucu perjalanannya. Kira-kira 500 meter menuju muara angke jalan bener2 macet dan mobil tidah bergerak sama sekali. Jadi kami memutuskan untuk jalan kaki. Kami melewati pasar ikan deket muara angke. Becek, bahkan bau amis (namanya juga pasar ikah wakkakaak). Dan sampailah kita di muara angke. Kita masuk ke sebuah kapal ferry, perjalanan kita sekitar 2 jam. Temen-temen bisa sambil tidur atau menikmati pemandangan laut. Kita sampai di pulau tidung, "selamat datang di pulau tidung"  tulisan itu yang menyambut kamu.

Satu rombongan dalam paket kami ada 7 orang, saya dan temen dari semarang, temen dari cikarang satu orang dan yang dari bekasi 4 orang. Kami berjalan menuju penginapan, penginapan kami berada tepat menghadap ke pantai dan di depan penginapan terdapat sebuah gazebo. Kami istirahat dan dilanjut dengan makan siang, jam 12 kami memulai explorer di pulau ini. Pertama kita ke pulau payung untuk snorkling, perjalanan untuk ke pulau payung sekitar 25 menit. Ini pengalaman pertama saya snorkeling dan bagusss banget,

Setelah puas, kami melanjutkan kembali ke pulau tidung untuk waters sports, kamu naik banana boats. Seru mennn, tp sayang kita hanya dapat jatah dari paketnya sekali doang, kalo mau naik yag lain kaya sofa boat atau yang lain temen-temen bisa merogoh kocek 35rb rupiah.

Dah setelah puas main main disini, kita kembali ke penginapan. Sekitar jam 5 kita sampai di penginapan, kita mandi dan bersiap melihat matahari terbenam dari gazebo. Hari mulai gelap, jadwal malam ini kita BBQ. Sayang sekali gazebo depan penginapan kami digunakan oleh tetangga sebelah. Jadi kita BabQ di tempat lain, lumayan apik di tepi pantai tp agak gelap. Mungkin kalau ada sinar matahari lebih bagus. Karena lokasinya di bawah pohon kelapa, yah kaya lagi rayuan pulau kelapa heheheh.

Jam menunjukkan pukul 22.00, kami kembali ke penginapan dan menonton film anabel. Wahhh seru banget malam ini. Di penginapan ada 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi. Para cowo tidur di kamar depan dan saya berdua tidur di kamar belakang.
Pagi ini kita keliling pulau menggunakan sepeda, kita kembali ke waters spot yang kemaren, tp buka untuk maen aer, kita jalan2 ke jembatan cinta.

Ternyata pulau tidung terhubung dengan pulau tidung kecil, jaraknya lumayan jauh tapi dari ujung sudah terlihat pulau tidung kecilnya.

Sepertinya pulau kecil ini belum berpemghuni kadi kita tidak berani masuk ke pulau.

Kami hanya foto2 di samping pulau. Kita hanya di kasih waktu sampai jam 9, karena kapal menuju muara angke berangkat jam 10. Jadi kita harus siap2 dan kembali ke jakarta. Dan sampailah kita di jakarta, tour kita ini baik. Kita di anter sampai cikarang. Nah dari cikarang kami kembali pulang ke Semarang dengan tiket seharga 110rb.

Nahhh selesai explorer kita kali ini
Rincian biaya nya

Kereta semarang - jkt 180.000
Bajaj ke muara angke 50.000
Paket tour pulau tidung 400.000
Tiket cikarang - semarang 110.000
Total 740.000

Biaya bisa menyesuaikan yang kamu inginkan. Tergantung transportasi yang dipilih. Jika menggunakan kereta api kelas ekonomi.

Nah sekian dari kami, tunggu explorer kami berikutnya yaaaaa