Rabu, 19 September 2018

Trip Bromo September 2018 Seru

Hey hey Assalamualaikum

Nah ini tulisan ketiga saya, jangan bosen-bosen yaaa
Kali ini perjalanan kami yaitu trip ke bromo

Oke, trip ini terjadi awal bulan tepatnya tanggal 2 September 2018. Kami berangkat 6 orang. Dengan berbagai pertimbangan dan perhitungan. Akhirnya kami berangkat. Sedikit cerita tentang perhitungan kami ya, pertama kita mau ikut paket midnight seharga 250-300rb dengan penjemputan di malamg kota, kita berangkat dari semarang. Tiket kereta swmarang-malang lumayan guys, 180rb an. Hmmm kalo ditoal 180rb dikali 2 udah 360rb ditambah paket midnight bromo 250rb total 600 rb an guys, blm makan dll. Mehong, itu yang ada di benak kami.
Kedua, dengan menggunakan bis semarang-probolinggo. Tiket bis 150rb, jadi kalo pulang pergi 100 rb plus paket midnight 250 rb total 550 rb blm makan dll. Hmm lumayan bisa iritlah.
Nah ketiga, dengan menggunakan kereta api semarang-surabaya yang harga tiketnya 50rb dengan jadwal kenerangkatan pukul 11.50 WIB. Yang bener aja ya guys, kami pulang kerja pukul 11.30 takut gak keburu keretanya.
Akhirnya kami memilih untuk menyewa mobil dan supir dari semarang. Fix
Tanggal 2 September 2018 kami memulai perjalanan dari semarang pukul 14.30 WIB. Kalo liat di google maps semarang-bromo sekitar 9 jam. Asumsinya jika macet, yah sampai sana jam 2 an lah ya. Jadi pas sampai sana kita langsung ganti jeep yang udah kita booking sebelumnya. Waktu magrib kita tiba di daerah ngawi. Kami isoma sampai waktu isak, sambil ngecek google maps dan benar saja untuk sampai ke bromo kita masih harus menempuh waktu 7-8 jam. Perkiraan sampai masih jam 2 dini hari. Kami pun melanjutkan perjalanan, masuklah kita di tol caruban, kebetulan disana ada rest area yg memang kita kebelet pipis. Supir kita keluar cari-cari angin sambil ngobrol sama orang disekitar. Mereka bilang kalau ke bromo itu masih jauh, sedangkan jam sudah menunjukkan jam 22.00. Q cek google maps lagi, masih sekitar 4 jam lagi. Ok fine. Lanjut perjalanan kami pun tidur. Sampai pada jalan yg berliku liku membuat daya terbangun dan tidak bisa lagi untuk memejamkan mata karena takuttt. Ini jalan masya Allah, belum jg 3 meter udah belok, 3 meter belok lagi. Pengen muntah kan jadinya. Mana jalannya sepi banget, kasian pak supir kalo ngantuk. Ihhh pokoknya serem. Dan ternyata ini daerah namanya songgoriti, pernah denger sih. Hehehhe. Setelah kita keluar dari jalur ular tadi saya berusaha memejamkan mata. Kini masuk kota, kota malamg. Pak sopir masuk ke sebuah SPBU, saatnya isi BBm. Sambil pak sopir nanya arah ke bromo. Benar saja arahnya lewat sini, tapi agak jauh. Menurut petugas SPBU harusnya kita belok kanan tadi, tp udah terlanjut kebablasan kadi mending di lanjut aja daripada putar balik. Saya pun mengecek hp, astaga ini udah jam 01.00. Buru-buru saya cek google maps, perjalanan masih 2 jam lagi. OMG, apakah nanti akan sampai bromo di waktu siang?? Q mulai gelisah. Karena yang saya tau mulai naik ke penanjakan sekitar jam 02.00. Mencoba tenang membayangkan bagaimana nanti jika tidak mendapat sunrise. Perjalanan kami lanjutkan, saya tidak tidur karena saya yang mengarahkan pak sopir dengan google maps. Kami melewati nongkojajar dan pasar lawang, itu yang saya inget. Sampailah kita di jalur menuju bromo, ini jalur sati-satinya jadi saya pikir tidak perlu menggunakan maps. Saya mencoba tidur tetapi tidak bisa. Saya menikmati pemandangan kanan kiri yang hanya gelap. Reni temen saya bangun. Kamu pun ngobrol sepanjang jalan dengan pak sopir supaya tidak ngantuk. Waktu menunjukkan pukul 03.00 dan jarak yang kami tempuh masih 54 km. Saya hanya berfikir, jam 4 nyampe gak ya. Dan diperjalanan kamu bareng dengan rombongan menggunakan motor menuju bromo. Saya sedikit lega, berarti mereka baru mau naik. Ibarat mobil kami membuka jalan karena di depan kami tidak ada mobil ataupun motor. Yah kami lah yang memimpin hehheeh. Sampai pada akhirnya kami didahului beberapa jeep. Yeyyy jeep nya jg baru naik, berarti masih ada kesempatan untuk melihat sunrise. Jalan menuju bromo berliku dan sepi. Akhirnya kami sampai di tempat Bu Sri dimana kami menyewa jeep. Di desa podokoyo, kami sampai pukul 05.30. Bu Sri pun menyampaikan pada kami kalau kami tidak kebagian sunrise karena kami telat datang. Dalam hati, gak apa2 yang penting sampai ke bromo. Dari tempat bu sri ke penanjakan swkitqr setengah jam, dan lagi lagi dijalan yang hanya bisa di lewati satu mobil itu, di depan kami ada jeep yang mogok. OMG ada-ada aja. Setelah 10 menit akhirnya jeepnya bisa disingkirkan hehheeh. Sesampainya di parkiran, kami langsung naik ke penanjakan, penanjakan paling bawah. Gak apa-apa. Dannnn apa yang kami lihat, Subhanallah, indah sekali gunung batok berada tepat didepan mata saya. Matahari belum menampakkan diri, sepertinya ia menunggui kami. Hehehhe yeyyy akhirnya kebagian sunrise. Sweneng bangettt. Bagussss. Kami hanya punya waktu sampai jam 06:00 dipenanjakan. puas banget dah. bagussss

jam 06.00 kami menuju pasir berbisik. kami berfoto ria dengan background gunung batok. bagus banget.

di ujung sana kami melihat pura, kami melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju pura. kami tidak masuk pura, kami hanya sarapan di samping pura sebelum kami naik ke gunung bromo. oiya guys saya sarankan memang sarapan terlebih dahulu dan jangan lupa bawa minum saat naik ya.

walaupun hawanya dingin tapi naik ke kawah bromo tetep aja keringetan dan ngos-ngosan. kalau bisa naik ke kawahnya pagi karena cuaca belum terlalu panas dan belum antri di tangganya.
nah sampailah kita ke kawah bromo.

dari atas kita bisa melihat ke bawah dimana kita tadi berangkat dari parkiran jeep. ternyata jauhh bingit. untuk turun pun rasanya masih nanti-nanti. mending turunnya pelan-pelan sambil menikmati pemandangan. kalau mau naik kuda pun banyak yang menawarkan sampai ke parkiran jeep seharga  75rb. kalo saya sih hanya numpang foto aja sama kuda, bayarnya 10rb. hehehehhe.

setelah perjalanan jauh mencari kitab suci, ehhh. jam masih menunjukkan jam 09.30. waaaawww perasaan udah lama banget, kami pun menuju bukit teletubbies. pada hari ini tepat 2 september 2018 ternyata padang savana di bukit teletubbies kebakaran guys.

kami masih diperbolehkan foto-foto sejenak asalkan jika ada api mendekat kita harus langsung lari menjauh. banyak petugas dan polisi yang berjaga.

jam menunjukkan pukul 11.00 dan perjalanan kami berakhir. kami sampai di tempat bu sri sekitar pukul 11.30.

ternyata explore bromo itu waktunya singkat, tp sangat-sangat puas.

semoga perjalanan kami bisa menghibur yaaa, dan semoga perjalanan kalian pun menyenangkan.
tunggu perjalanan kami berikutnya yaaaa

rincian biaya :

sewa mobil 2 hari                            : 600.000
sopir 2 hari                                     : 500.000
BBM                                              : 620.000
sewa jeep + tips sopir                     : 650.000
tiket masuk bromo + parkir jeep     : 205.000
e-toll                                              : 100.000

total : 2.675.000 : 6 orang = 446.000 / orang

biaya diatas diluar makan ya guysss.